Mengenal Senam Tera Indonesia


Sekilas Senam Tera Indonesia (STI)
Senam Tera Indonesia merupakan latihan phisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan. Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mepunyai dasar olah pernapasan yang dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olah raga kesehatan. "Tera" berasal dari kata "terapi" yang mempunyai arti penyembuhan/pengobatan. Dalam praktek Senam Tera bukan saja mempunyai manfaat pengobataan (kuratif) tetapi juga besifat pencegahan (preventif) dan mempunyai sifat penyembuhan sakit.

Tata Urut Gerakan

Senam Tera Indonesia terdiri dari :
* Gerakan Peregangan : 17 gerakan
* Gerakan Persendian : 25 gerakan
* Gerakan Pernapasan : 20 gerakan
Gerakan Peregangan: 1. Dorong tangan keatas 2. Dorong tangan kekiri 3. Dorong tangan ke kanan 4. Dorong tangan ke depan 5. Rentangkan ke samping 6. Angkat siku rapat 7. Buka ke belakang 8. Putar ke kiri 9. Putar ke kanan 10.Bungkuk lengan ke atas 11.Lenturkan badan 12. Tekuk lutut ke kiri 13. Tekuk lutut ke kanan 14. Lutut kiri ke depan 15. Lutut kanan ke depan 16. Putar pinggul ke kiri 17. Tekuk lutut rapat.
Gerakan Persendian :
1. Menoleh ke kiri ke kanan 2. Tundukkan kepala 3. Miringkan kepala 4. Putarkan kepala 5. Lengan ke depan 6. Telapak tangan kearah badan 7. Putar bahu kedepan 8. Balik arah 9. Busungkan badan 10. Telapak tangan ke bawah 11. Rentangkan tangan 12.Rentangkan tangan 13.Dorong tangan ke atas 14. Putarkan pinggang 15. Bermain piano 16. Kaki kiri ke depan 17. Kaki kiri ke belakang 18. Angakat lutut 19. Tumit kedepan 20. Tumit ke samping 21. Kaki ke belakang 22.Tangan dilipat 23. Bertepuk tangan 24. Tumit diangkat 25. Jalan di tempat.
Gerakan Pernapasan
1. Mengatur nafas 2. Bangkit mengatur nafas 3. Melapangkan dada 4. Mengayun pelangi 5. Membelah awan 6. Mengayun lengan 7.Mengayuh di danau 8. Mengangkat bola 9. Memandang rembulan 10. Mendorong telapak 11.Membelah mega 12. Meraup air 13. Mendorong ombak 14. Membentangkan sayap 15. Menjulurkan tinju 16. Terbang melayang 17. Memutar roda 18. Menepuk bola 19. Meredakan napas 20. Menghangatkan tangan.

Sikap awal dan saat melaksanakan Senam Tera
* Semua otot dan sendi dilemaskan ( rileks )
* Berdiri tegak, kaki diregangkan selebar bahu
* Suasana hati hati riang gembira, berseri dan tersenyum

* Kuda-kuda senam tera ; kedua lutut ditekuk tetapi apabila dilihat dari atas
lutut boleh
melebihi ujung jari kaki, badan tetap tegak.
* Konsentrasi dinamis membayangkan aba-aba masing-masing gerakan. -

* Saat pernafasan lidah di tempel di langit-langit rongga mulut, tarik dan lepas
nafas secara perlahan. Manfaat akan diperoleh secara maksimal, bila latihan dilakukan minimal 3 X dalam seminggu, dilakukan ketika matahari akan terbit, gerakan dilakukan secara benar, teratur, berirama, berkesinambungan dan berkelanjutan.

Manfaat Senam Tera

Secara umum Senam Tera Indonesia akan meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rochani tubuh manusia.
Secara khusus / jasmani bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kondisi dan fungsi : jantung dan peredaran darah ; sistem pernafasan, sistem susunan syaraf, pencernakan makanan, kelenjar endokrin, kekuatan dan daya tahan otot, kelenturan otot dan sendi, keseimbangan dan koordinasi dan proses metabolisme. Secara rokhani : memelihara kestabilan penguasan diri, mengurangi dan menghilangkan stress/ketegangan, mengurangi/menghilangkan ketergantungan obat, melatih konsentrasi, meningkat kepekaan, memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan.
Komunitas STI Jakarta Barat
Komunitas Senam Tera Jakarta Barat telah ada sejak tahun 1987. Pada waktu itu bermunculan lokasi-lokasi Senam Tera Indonesia yang pesertanya dari berbagai tingkatan umur baik laki-laki maupun perempuan. Atas prakarsa Bapak H.Eddy Soediro, dikumpulkan para pengurus Lokasi-loksi Senam Tera Indonesia di Jakarta Barat. Melalui beberapa kali pertemuan, akhirnya disepakati bahwa untuk memajukan gerakan Senam Tera Indonesia di Jakarat Barat dibentuk Pengurus Senam Tera Indonesia (STI) Wilayah Jakarta Barat. Sebagai ketuanya adalah Bapak H.Arifin Tjakradiwirja. Pada tgl. 26 Juli 1987 Pengurus STI Wilayah Jakarta Barat periode 1987 -1990 diresmikan dan dikukuhkan oleh Bapak Walikota Madya Jakarta Barat.
Pada awal kepengurusan Bapak H.Arifin Tjakradiwirja terdapat 10 lokasi STI, jumlah lokasi terus bertambah sesuai dengan gerak perkembangan masyarakat.
Nama-nama Ketua STI Jakarta Barat berikut masa bakti kepengurusan :
1. H. Arifin Tjakradiwirja - 1987 s/d 1990
2. H.Arifin Tjakradiwirja - 1990 s/d 1991
3. Ibnu Hajar Tahar Bk.Teks - 1991 s/d 1995
4. H.Gozaly Bey - 1995 s/d 1999
5. H.M.Syaini Usman, SH. - 1999 s/d 2003
6. Ir.H.M.Fawzy Gani,MBA,MM - 2003 s/d 2007
7. Ir.H.M.Fawzy Gani, MBA,MM - 2007 s/d 2011
Dalam perjalanannya, komunitas Senam Tera Indonesia Jakarta Barat tidak pernah absen senantiasa mengikuti kegiatan ataupun acara-acara yang bersifat nasional dan daerah seperti HATERI, Haornas, Gebyar Senam DKI dll. Bahkan komunitas STI Jakarta Barat pernah melaksanakan tugas penyelenggaraan Gebyar Senam DKI Jakarta dengan sukses. Komunitas juga melakukan kegiatan-kegiatan sosial sebagai wujud keperduliannya terhadap masyarakat yang mengalami penderitaan seperti musibah banjir, kebakaran, tsunami dll. dengan melaksanakan mobilisasi sumbangan dan menyalurkan kepada mereka memerlukan. Saat ini jumlah sasana STI di Jakarta Barat kurang lebih 32 Sasana tersebar di 4 kecamatan yaitu di kecamatan Pal Merah, Grogol Petamburan, Kebun Jeruk, dan Kembangan.

ket.gambar
Dari kiri ke kanan Bp.Budi Gazaly, Bp.Bb.Purnomo, Hj.Rosa Djauhari, Ibu Hj. BRA.Kuswinanti Fawzy Gani, Bp. Fawazy Gani ( Ketua DPC Jakarta Barat ) bersama terawan-terawati selesai senam tera di Sasana St.Moritz, Puri Kembangan, Jakarta Barat.