Catatan : Majalah Kesehatan Keluarga DOKTER KITA Edisi 3 tahun VI-Maret 2011 menulis tentang Senam Tera Indonesia hasil wawancara wartawati Ratna Indria Sari dengan Ir. H.M. Fawzy Gani MM, Ketua I DPP STI, Pembina / Penasehat DPD STI DKI Jakarta dan juga Ketua DPC STI Jakarta Barat. Berikut kutipannya.

SenamTera Latihan Olah Pernafasan Untuk Kebugaran

Akhir-akhir ini banyak tempat-tempat fitness maupun olah raga yang menawarkan berbagai jenis senam salah satunya adalah senam tera, lantas apa manfaat dan kegunaan dari senam tera ? sebelum membahas senam tera lebih lanjut ada baiknya mengetahui asal usul dari senam tera Indonesia. Senam Tera Indonesia didirikan pada tanggal 12 November 1985, kala itu pencetus senam tera yang berasal dari Cina ini bernama Bambang Sutomo. Atas desakan sang istri beliau mengajarkan sekitar 25 jurus senam persendian da 18 jurus Thai Ci Qi Kong yang berasal dari Cina kepada seorang guru piano, di pantai pesisir Utara Jakarta. Ditempat inilah asal muasal berdirinya senam tera Indonesia. Tepat tanggal 21 Januari 1987, Menpora Abdul Gafur melaporkan hasil evaluasi senam tera yang dilakukan group Tai Ci Qi Kong ke Bapak Presiden Soeharto. Sesuai usulan dari Menpora, Presiden menyetujui mengubah paket senam ini diganti menjadi Senam Tera Indonesia dan mengizinkan senam itu disebarkan ke masyarakat. Oleh karena itu setiap tanggal 12 November di salah satu pantai di pesisir Utara Jakarta selalu diperingati sebagai senam tera Indonesia. Perkembangan senam tera sendiri sangat luar biasa, selain berkembang ke seluruh nusantara senam tera juga berkembang ke beberapa negara Asia sepeti Singapura, Malaysia, Thailand, ibukota RRC, Beijing, Taipei serta negara di Eropa Utara. Menurut Ir. H.M. Fawzy Gani MM, Ketua I DPP STI, Pembina/Penasehat DPD STI DKI Jakarta dan Ketua DPD STI Jakarta Barat, Senam Tera Indonesia adalah olah raga pernafasan yang dipadu olah gerak. Senam ini diadopsi dai Senam Tai Chi yang berasal dari negeri Cina. Kata Tera sendiri dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi. Lebih lanjut dikatakan beliau, tujuan dari senam tera adalah untuk kebugaran. Senam Tera mempunyai banyak manfaat, salah satunya dari setiap gerakannya yakni, gerakan peregangan yang bertujuan untuk meregangkan otot sebelum melakukan gerakan senam, gerakan persendian yakni menggerakan seluruh persendian yang mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sedangkan yang terakhir adalah gerakan pernafasan yang mengadaptasi dari senam Tai Chi oleh karena itu gerakan/jurus Senam Tera Indonesia lembut dan rileks. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila senam tera dapat diikuti oleh semua lapisan baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Prinsip-prinsip gerakan yang mendasari Senam Tera Indonesia adalah : Gerak Ringan dan Lentur, Gerak lambat, Gerak Melingkar, Gerak Yang Ajek dan gerak Tidak terputus. Berikut contoh gerakan senam tera Indonesia berdasarkan tata urut gerak yakni
1. Senam Peregangan
Senam Peregangan ini terdiri dari 17 macam dengan tujuan memelihara kerja otot sebagai persiapan suatu gerakan agar terhindar dari suatu cidera. Berikut contoh beberapa gambar gerakan peregangan. Gerak peregangan ini akan memakan waktu antara 4 – 5 menit.


image
image
 2.Senam Persendian
Gerakan dari Senam persendian ini terdiri dari 25 macam gerakan yang mempunyai nilai aerobik yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mental atau semangat kerja. Gerakan ini meliputi a. Gerakan berputar b. Bergerak dua arah c. Gerakan pada sumbu tulang belakang.
Berikut contoh beberapa gambar gerak senam persendian image


3. Senam Pernafasan Pokok
image image
image
image

Gerakan senam Pernafasan Pokok sebanyak 18 Macam gerakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan paru-paru, agar dapat memenuhi kebutuhan oksigen, yang merupakan zat yang sangat vital untuk terjadinya proses metabolisme, agar tercipta sinergi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Berikut contoh beberapa gerakan senam pernafasan pokok.
image
4. Senam Pernafasan Lanjutan
Senam ini mempunyai 18 Gerakan dan mempunyai banyak manfaat dari setiap gerakannya. Berikut beberapa contoh gambar gerakan senam pernafasan lanjutan.

image


Teks : Ratna Indria Sari
Model : Ir.H.M.Fawzy Gani

imageimage